Resensi Novel Kwikku - Mahasiswa Abadi: Ospek

Jujur, Pajokka adalah pembaca aktif novel-novel di portal Kwikku. Pada kesempatan kali ini, admin akan mengulas sebuah novel berjudul “Mahasiswa Abadi: Ospek” yang telah terbit di Kwikku. Sebelumnya, Pajokka telah menulis potensi menerbitkan novel secara self-publishing di Kwikku. Jika teman-teman belum membacanya, sempatkan membaca artikel tersebut untuk mengetahui bagaimana Kwikku mengelola novel-novel yang diterbitkan disana. Siapa tahu rezeki teman-teman dari menulis?!

Penokohan

Dalam novel tersebut, Deka didaulat sebagai pemeran utama dengan karakter anak SMA yang masih apa adanya - polos tanpa ilmu. Deka adalah seorang yang sangat ingin bersahabat dengan buku namun ia selalu saja mengalami kendala dalam menyelesaikan bacaannya. Dalam novel ini, Deka digambarkan sebagai tokoh utama yang malas membaca namun ingin menjadi sosok yang haus ilmu dan pengetahuan.


Konflik

Selain berbicara tentang Deka bersama sekelumit masalahnya dengan membaca dan ilmu, novel “Mahasiswa Abadi: Ospek” juga turut menghadirkan beberapa konflik sekunder yang meliputi permasalahan politik dalam pemilihan rektor kampus dan organisasi kemahasiswaan di fakultas dan kampusnya. Belum juga resmi menjadi mahasiswa, Deka telah berorasi didepan rektor dan seluruh dekan menolak pemindahan prosesi penerimaan mahasiswa baru ke pesantren.

Rencana pemindahan penerimaan mahasiswa baru ke pesantren akhirnya dibatalkan rektor. Dari sini, Deka mulai dikenal dikalangan senior. Konflik memuncak setelah Deka mengalami dilema terkait masa depannya - apakah ia akan mengejar cita-citanya menjadi akademisi, ataukah ia harus aktif dalam organisasi kampus yang biasanya terkenal lambat lulus kuliah.

Layak Baca?

Novel yang terbit secara self-publishing ini jelas layak untuk dibaca. Untuk membacanya, teman-teman sekalian bisa mengakses laman Kwikku melalui peramban web favorit teman-teman sekalian. Jika teman-teman merasa lebih nyaman menggunakan aplikasi gawai, teman-teman dapat pula mengaksesnya melalui aplikasi Kwikku di iOS dan Android.