Ngopi di Warkop Utara, Jl. Tinumbu, Makassar

Terletak di wilayah utara kota Makassar, tepatnya di Jalan Tinumbu Raya no. 414, keberadaan Warkop Utara nyaris tidak terlihat akibat padatnya lalu lintas yang didominasi oleh truk kontainer. Kamis, 6 Agustus 2020, Pajokka menyempatkan ngopi di Warkop Utara.

Warkop ini terletak sebelum jembatan Tinumbu, sekira 500 meter dari ujung jalan dari Jalan Andalas.

Menu yang ditawarkan cukup variatif dengan menu andalan kopi susu telur yang dijual seharga Rp. 15.000 per-gelas. Selain itu, terdapat pula teh susu telur yang juga dijual dengan harga yang sama.

Satu yang menarik dari warkop ini adalah menu kopi susunya yang masih dijual seharga Rp. 10.000. Disaat warkop-warkop lain telah menjual Rp.13.000 - Rp. 15.000, Warkop Utara masih mempertahankan kopi yang bisa ditebus dengan selembar rupiah bernominal 10.000.

Warkop Utara - Pajokka


Untuk cita rasa kopi susunya sendiri cenderung sama dengan warkop-warkop lainnya yang jamak ditemui di Makassar yang tidak bernaung dibawah bendera Daeng Sija atau Dottoro yang telah menjadi francise. Pahit kopinya masih terasa saat menempel di lidah. Sangat sepadan dengan harganya.

Satu kekurangan yang mungkin bisa Pajokka sebutkan untuk warkop ini adalah ketersediaan lahan parkir yang minim. Bisa dikatakan, Warkop Utara hanya dapat mengakomodasi 2 mobil saja. Namun jika teman-teman mampir menggunakan sepeda motor, akomodasi parkirnya sangat cukup untuk menjadi tempat mendinginkan mesin motor teman-teman.

Pajokka yang mampir ke Warkop Utara saat Makassar masih menjadi zona merah Covid-19 melihat pemandangan yang cukup disiplin disini. Pengelola Warkop Utara nampak sangat memperhatikan aturan pemerintah setempat tentang pembatasan sosial dalam masa pandemi Covid-19. Pergerakan pengunjung warkop dibatasi dimana untuk sebuah meja yang idealnya dapat diisi oleh 4 orang hanya dapat dihuni oleh 2 orang saja. Terdapat simbol silang pada setiap permukaan meja. Selain itu, pengelola juga hanya menyediakan dua kursi untuk setiap meja, sehingga tidak ada celah bagi pengunjung untuk melanggar aturan pemerintah terkait pembatasan sosial. Salut untuk pengelola Warkop Utara, Makassar.

Untuk menu makanan yang ditawarkan, harga termahal hanya Rp. 18.000 saja. Menu tersebut adalah harga untuk Indomie rebus telur 2X1.

Teman-teman yang memiliki keperluan di sekitaran Jalan Tinumbu, Makassar dianjurkan untuk mampir di Warkop Utara yang berhadapan langsung dengan Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Panampu, Makassar.