iRig Pre HD: Interface untuk Travel Podcasters, Voice Over Artists

Setelah sebelumnya mengulas tentang RODE NT-USB Mini, kali ini Pajokka akan mengulas tentang iRig Pre HD yang memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan RODE NT-USB Mini. Bedanya, iRig Pre HD berbentuk audio interface saja - tanpa mic. Artinya, teman-teman harus membeli mikrofon secara terpisah untuk merasakan fungsinya.

Di Indonesia, device besutan IK Multimedia ini dibanderol dengan harga Rp. 1.7xx.xxx. Setelah menebus iRig Pre HD, teman-teman berhak menikmati kualitas rekaman yang super jernih. Demikian halnya karena IK Multimedia membenamkan low noise preamp yang kedalam iRig Pre HD.

iRig Pre HD dibekali dengan sebuah input berjenis XLR 3 pin untuk mengoneksikan mikrofon. Selain itu, terdapat pula sebuah jack berukuran 3.5mm untuk headphone monitoring. Tersedia pula putaran mekanikal untuk mengatur gain level dari input dan outputnya.

Pada sisi atas, terdapat sebuah colokan micro-USB yang berfungsi untuk mengoneksikan iRig Pre HD ke gawai atau ke laptop. iRIg Pre HD dibekali dengan dua tipe kabel konektor - micro-USB ke Apple lightning untuk sambungan ke perangkat iOS dan micro-USB ke USB tipe B untuk ke laptop. Sayang sekali, device ini hanya mendukung sambungan ke iOS device saja - yakni iPhone dan iPad. Sebagai catatan, jika anda mempunyai iPad Pro 2020 yang telah menggunakan koneksi USB type-C, anda akan membutuhkan konektor tambahan untuk menyambungkannya dengan iRig.

iRig Pre HD memiliki rumah baterai namun sangat disayangkan karena baterai yang disematkan kedalamnya hanya berfungsi untuk menyalakan phantom power saja. Ini berarti bahwa ketika iRig Pre HD disambungkan ke laptop atau perangkat iOS, iRig Pre HD harus menerima daya dari device yang anda sambungkan. Dengan begitu, pastikan anda menggunakan iRig Pre HD hanya ketika daya laptop atau perangkat iOS anda terisi penuh. Selain itu, banyak pengguna iRig Pre HD yang mengeluhkan kecilnya gain dari iRig Pre HD ini. Berdasarkan data yang dirilis oleh IK Multimedia, gain yang mampu diberikan iRig Pre HD hanya sekitar 45dB saja. Ini berarti bahwa seluruh rekaman mentah yang diambil menggunakan iRig Pre HD masih harus masuk kedalam tahap editing - paling tidak boost gain - agar hasilnya lebih maksimal.

Pajokka adalah salah satu orang yang penasaran dengan kualitas dari interface ini. Sayang sekali, per September 2020, barang ini sudah sangat langka - bahkan nyaris tidak ada lagi dipasaran. Demikian halnya dengan iRig Pro I/O yang per September 2020 juga sudah langka dipasaran. Jika teman-teman menginginkan device ini, silahkan cari alternatif lain.

TC Helicon Go Solo adalah salah satu dari alternatif iRig Pre HD. Sayang sekali, hingga September 2020, TC Helicon belum masuk Indonesia. Ketersediaannya di pasar internasional juga belum ada, padahal Go Solo sudah beberapa bulan dirilis.