Zoom Podtrak P8 Akhirnya Dirilis Zoom Corporation

Dari serinya, bisa ditebak bahwa Zoom Podtrak P8 dikhususkan untuk para podcaster dengan bekal 8 buah mic input. Setelah baru-baru ini Zoom Corporation merilis Zoom Podtrack P4, kini giliran Podtrak P8 yang merupakan kakak dari seri P4 diperkenalkan ke publik.

Zoom Podtrak P8

Fitur Unggulan Zoom Podtrak P8

Dari gambar diatas, terlihat bahwa Zoom Podtrak P8 sekilas nyaris mirip dengan RODECaster dari segi fisik. Zook Podtrak P8 juga dibekali dengan faders sebagai gain input-nya dengan dedicated mute button untuk setiap channel. Selain itu, keberadaan pads untuk sound effect juga langsung mengingatkan kita pada RODECaster.

Meskipun Podtrak tipe ini menyematkan angka 8 pada serinya, namun Podtrak P8 tidaklah sepenuhnya memiliki 8 buah input. Total hanya terdapat 6 buah input berjenis 3-pin XLR. Seperti kebiasaan Zoom Corporation pada produk-produknya, fitur 8 input hanya memungkinkan jika kita membeli aksesoris tambahan untuk membuatnya benar-benar menjadi 8 input.

Seperti layaknya Podtrak P4, seri Podtrak P8 juga dibekali dengan dedicated volume output untuk masing-masing inputnya. Dengan demikian, penggunanya dapat mengatur level output sesuai dengan toleransi pendengaran masing-masing.

Salah satu hal yang membedakan Podtrak P8 dengan Podtrak P4 adalah keberadaan layar sentuh yang dapat digunakan untuk kustomisasi. Hal ini tentunya dapat sangat memudahkan penggunanya dalam hal kustomisasi karakter suara yang diinginkan.

Berikut ini beberapa fitur Podtrak P8 berdasarkan informasiyang dirilis Zoom Corporation dalam laman resminya.

Low Cut

Fitur ini berfungsi untuk mengurangi kebisingan frekuensi rendah seperti suara AC, suara jalan, getaran, dan suara-suara lainnya.

Compressor/DeEsser

Fungsi utama dari compressor adalah untuk menjaga stabilitas dinamika input - dalam hal ini input analog berupa suara yang direkam. Dengan adanya fitur ini, suara anda dapat terdengar lebih profesional dan berkarakter.

Selain beberapa fitur diatas, masih terdapat beberapa fitur lainnya seperti tersedianya saluran khusus yang berfungsi untuk merekam panggilan telepon. Selain itu, Podtrak P8 juga dibekali dengan fitur Mix-Minus yang mampu mencegah gema dan umpan balik (feedback/storing) kepada orang yang ditelepon. Dua fitur ini jelas sangat memudahkan para podcaster dalam perekaman wawancara jarak jauh.

Tombol On Air

Ketika tombol On Air dinonaktifkan, seluruh aktivitas masih dapat terdengar melalui headphone output namun tidak akan direkam. Fitur ini sangat bermanfaat ketika sesi podcast anda sedang break.

Audio Interface

Selain sebagai recorder atau perekam, Zoom Podtrak P8 juga dapat difungsikan sebagai audio interface. Untuk mengkoneksikannya, cukup sambungkan Podtrak P8 ke PC/laptop/gawai anda melalui koneksi kabel tipe C.

Battery-powered

Satu fitur unggulan dari Podtrak P8 yang tidak dimiliki oleh kompetitornya adalah dimungkinkannya untuk menggunakan alat ini dengan daya dari 4 buah batere tipe AAA. Hal ini tentunya sangat menunjang portabilitas yang memungkinkan kita untuk melakukan perekaman diluar studio.

(Baca juga: Zoom Podtrak P4 untuk Podcaster)

Harga Zoom Podtrak P8 (September 2020)

Untuk harganya sendiri, Zoom Podtrak P8 dibanderol seharga 500 Dollar Amerika (per September 2020) dan telah tersedia secara preorder di situs-situs marketplace luar negeri.