Kebutuhan Dasar Pembuatan Website

Dalam membuat serta mengembangkan sebuah website - apapun jenisnya - anda setidak-tidaknya membutuhkan domain dan hosting. Mengenai bagaimana website impian anda dibangun, kita bahas pada artikel yang berbeda. Kali ini, kita akan fokus kepada kebutuhan dasar pembuatan website atau sarana yang kita butuhkan - yakni domain dan hosting.

Domain

Secara sederhana, domain merupakan alamat daring dari toko online atau website anda. Jika diibaratkan toko fisik, maka domain berarti alamat lengkap dari toko fisik anda - misalnya Jalan Yos Sudarso Nomor 1. Dalam dunia website, kita bebas memilih alamat yang kita sukai - misalnya tokolaku.com atau tokolaku.net, atau tokolaku.id.

Dalam memilih nama domain, upayakan agar nama yang anda pilih adalah nama yang mencerminkan isi dari website anda. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan website anda tampil didalam mesin pencari Google. Bukankah tujuan anda membuat website adalah untuk memberitakan atau mempublikasikan sesuatu kepada para peselancar internet?! Jika jawabannya “ya”, maka saran tentang pemilihan nama yang disarankan tadi wajib anda pertimbangkan.

Jikapun anda menginginkan nama yang kurang atau sama sekali tidak mencerminkan isi dari website anda (seperti layaknya pajokka.my.id), maka hal tersebut juga tidak terlalu menjadi masalah karena anda masih dimungkinkan untuk menaikkan tingkat visibilitas website anda pada mesin pencari Google melalui meta deskripsi dan kata kunci yang bisa anda atur setelah instalasi website anda selesai.

Hosting

Secara teknis, hosting dapat diibaratkan seperti sebuah flash-disk atau hard-disk yang akan menyimpan seluruh data terkait website anda. Jadi, bagaimana cara menentukan kapasitas hosting yang anda butuhkan adalah dengan cara memperkirakan seberapa banyak file yang akan anda unggah kedalam website anda.

Menghitung Kebutuhan Hosting

Misalnya, jika anda hanya ingin membuat website sederhana yang nantinya hanya akan didominasi oleh curahan pemikiran anda, maka tentu datanya tidak akan terlalu banyak karena website anda hanya akan berisi tulisan dan sedikit foto. Namun jika anda berencana untuk membuat toko online yang dipenuhi gambar beresolusi tinggi, maka jelas anda akan membutuhkan kapasitas hosting yang jauh lebih besar.

Pertanyaannya, “seberapa besarkah ‘besar’ itu?”

Anda dapat menjawab pertanyaan diatas dengan memperkirakan rata-rata ukuran file yang akan anda gunakan. Misalnya, jika anda ingin membuat toko online yang rata-rata produknya memiliki 3 buah foto dengan ukuran 3MB dan anda berencana memasarkan 100 buah produk berbeda, maka dapat diperkirakan bahwa untuk foto saja, anda membutuhkan sekurang-kurangnya kapasitas penyimpanan sebesar 300MB. Angka tersebut belum termasuk keterangan berupa tulisan (judul produk dan deskripsi produk). Angka tersebut juga belum termasuk ‘mesin website’ anda (hal ini kita bahas pada sub-judul berikutnya).

Sampai disini, kita telah mendapatkan gambaran kasar dari kebutuhan hosting. Jika perkiraan angka pastinya telah didapatkan, maka untuk gambaran kebutuhan tersebut, tentunya kita harus membeli paket hosting yang lebih dari 300 MB. Namun perlu diingat bahwa penyedia hosting menawarkan paket hosting yang beragam. Biasanya, paket hosting yang ditawarkan adalah 500MB, 1GB, 2GB, 5GB, dan seterusnya.

“Mesin Website”

Yang dimaksud dengan istilah “mesin website” disini adalah platform yang akan anda gunakan untuk membuat website. Saat ini, terdapat banyak sekali platform atau website generator yang bisa kita pilih. Namun beberapa yang populer adalah Wordpress, Joomla, Drupal, dan Blogger.

Diantara website generator yang disebutkan diatas, Wordpress adalah web engine yang paling populer. Untuk instalasinya, anda dapat melakukannya sendiri (meskipun tanpa bantuan ahli website) hanya dalam hitungan menit. Mayoritas, kalau tidak semuanya, penyedia hosting memiliki fitur Softaculous yang memungkinkan anda untuk menginstal web generator pilihan anda secara otomatis. Fitur tersebut tentunya baru akan terbuka setelah anda membeli hosting.

Wordpress sendiri memiliki ukuran sekitar 45MB. Berdasarkan perkiraan awal kebutuhan tadi, sekarang kita dapatkan total angka 345MB (300MB + 45MB) atau bisa dibulatkan menjadi 350MB. Untuk angka ini, anda akan disarankan untuk mengambil paket hosting sebesar 1GB agar anda memiliki space yang cukup lega.

Setelah membahas hal teknis terkait pembuatan website secara mandiri, kini anda dapat memikirkan rencana anda secara lebih matang lalu mulai mengeksekusi paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Selanjutnya, dimana anda harus memesan domain dan hosting?

Pajokka menyarankan anda untuk membaca paket yang ditawarkan oleh penyedia domain dan hosting andalan Pajokka. Disana anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan tim yang selalu ada 24 jam. Sampaikan saja estimasi kebutuhan anda. Selanjutnya anda akan ditawarkan paket yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Dari sekian banyak penyedia domain dan hosting yang pernah Pajokka coba, DewaWeb masih menjadi yang terbaik. Terdapat beberapa alasan mengapa Pajokka memilih DewaWeb. Satu yang paling utama adalah masalah kualitasnya. Disaat yang lain masih menggunakan pola hared hosting, DewaWeb telah menawarkan paket cloud hosting yang jauh lebih modern. Selain itu, masih ada beberapa alasan lagi tapi akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Selamat mencoba!!!