Zoom F2 & F2-BT: Perekam Suara dengan Fitur 32-bit Float

Setelah merilis seri Podtrak P4 dan Podtrak P8, Zoom Corporation memperkenalkan Zoom F2 ke publik - sebuah field recorder dengan fitur 32-bit float.

Dengan fitur 32-bit float ini, anda tidak perlu lagi repot-repot menyetel gain input yang pas. Zoom F2 akan mengaturnya secara fleksibel untuk anda. Cukup tekan tombol “record”, anda tidak perlu lagi khawatir dengan clipping.

The F2 features 32-bit float recording technology, allowing you to record the loudest audio signals without worrying about clipping. It will also record the quietest signals in beautiful detail. And the best part is you don’t have to worry about setting the gain. Just plug in the lav and hit record.
Zoom F2 dirilis dengan 2 versi - versi tanpa bluetooth dan versi dengan bluetooth. Diprediksi, versi tanpa bluetooth akan dibanderol pada rentang Rp. 2.500.000-an (usd 150) sedangkan versi bluetooth-nya pada rentang harga Rp. 3.500.000-an (usd 200). 

Pada seri sebelumnya, Zoom Corporation mendesain Zoom F1 dengan satu kelemahan yang sangat fatal pada buld quality-nya - khususnya pada battery door (penutup batere) yang gampang rusak. Pada seri ini, Zoom F2 kelemahan tersebut telah diatasi oleh Zoom Corp. dimana mereka memilih untuk menggunakan desain dari battery door yang sama seperti pada Zoom H1n. Namun sayangnya, Zoom F2 tidak didesain untuk digunakan dengan aksesoris input seperti Zoom EXH-6 dan lain sebagainya. Selain itu, Zoom F2 juga tidak mendukung fitur audio interface seperti yang dimungkinkan pada seri-seri sebelumnya seperti H5, H4n pro, bahkan pada seri entry level H1n.

Zoom Corp. membekali Zoom F2 hanya dengan total 5 tombol - 1 buah tombol record, 2 buah tombol volume untuk output, dan tombol play serta stop. Pada sisi atas, terdapat 2 buah input berukuran 1/8 inch (3.5mm) yang masing-masing untuk input (lavalier microphone) dan output (headset/headphone). Selain itu terdapat sebuah jack USB tipe C.

Dari ukuran, fitur, serta fungsi, terlihat jelas bahwa Zoom F2 dirilis untuk berkompetisi dengan Tascam dr-10l yang telah rilis sekira 2 tahun sebelum Zoom F2 dirilis. Dari laman resminya, Zoom F2 nampaknya spesial diperuntukkan untuk para videografer acara pernikahan, solo travel podcaster, dan pewawancara. Pembeda Zoom F2 dengan Tascam dr-10l hanya terletak pada fitur 32-bit float serta fitur bluetooth yang memungkinkan sinkronisasi audio yang lebih akurat. Namun ini hanya tersedia untuk Zoom F2 dengan fitur bluetooth saja.

Terkait ketersediaannya di Indonesia, kemungkinan Zoom F2 akan tersedia pada awal tahun 2021.