CEntrance Mixerface: Audio Interface dengan Durabilitas dan Kualitas Super

Sangat disayangkan, line-up produk audio dari produsen sekaliber CEntrance - yakni CEntrance Mixerface dan CEntrance Micport Pro 2 yang dirilis belum lama ini - hingga saat ini belum masuk Indonesia. Sangat disayangkan karena produsen sekelas CEntrance telah memiliki nama besar serta reputasi yang baik di dunia audio. Line-up produk barunya - MixerFace dan Micport Pro 2 - wajib kita tunggu bersama. Apa yang spesial dari audio interface besutan CEntrance? Berikut ulasannya.

Durabilitas

Masalah durabilitas produk, video pendek berikut ini menjelaskan bagaimana kekuatan dari produk ini. Memang terkesan sangat ekstrem. Tapi tidak ada salahnya mereka mendemonstrasikan hal ini untuk meyakinkan kita semua bahwa produk tersebut tidak dibuat secara main-main.



Kualitas Audio

Mengingat produk-produk tersebut belum masuk di Indonesia, maka jelas admin tidak bisa membuktikan secara langsung mengenai kualitasnya. Namun, kita bisa melihat spesifikasi dari produk serta melihat pengujian yang dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar paham tentang seluk beluk audio - khususnya yang terkait dengan audio interface. Beberapa potongan gambar berikut ini menjelaskan spesifikasi CEntrance Mixerface.

Spesifikasi Analog CENtrance Mixerface
Spesifikasi Analog CEntrance Mixerface dari B&H


Spesifikasi Dasar CEntrance Mixerface
Spesifikasi Dasar CEntrance Mixerface dari B&H


Spesifikasi Digital CEntrance Mixerface
Spesifikasi Digital CEntrance Mixerface dari B&H

Portabilitas

Nyaris semua audio interface dewasa ini diciptakan dengan bentuk yang ringkas (portable). Namun, yang admin maksud denganportable dalam hal ini adalah ukurannya yang benar-benar ringkas. Mixerface yang menyediakan dua input combo jack XLR & 1/4 inch yang keduanya bisa digunakan untuk mikrofon dan instrumen dengan impedansi rendah (misalnya gitar dan bass).

Ukurannya yang sangat ringkas membuat Mixerface dan Micport Pro 2 bisa dimasukkan kedalam saku. Jika bisa masuk kedalam saku, maka produk ini tidak akan memakan banyak ruang dalam tas. Kira-kira hanya seukuran powerbank atau buku note kecil. Berdasarkan spesifikasi, produk ini memiliki bobot yang hanya seberat 455 gram dengan dimensi panjang 12.1cm, lebar 7cm, dan tinggi 3.6cm. Sangat ringkas, bukan?!

Build Quality

Masalah build quality, produk-produk CEntrance - khususnya Mixerface dan Micport Pro 2 - terbuat dari aluminium yang sangat kokoh. Jika Anda sempat melihat video pada sub-judul pertama diatas, Anda tentu bisa menarik kesimpulan tentang build quality-nya. Untuk CEntrance Mixerface, terdapat dua buah port USB yang masing-masing berfungsi untuk charging/power dan yang satunya lagi untuk koneksi ke gawai (smartphone) serta laptop/PC.

Seri Mixerface dibekali dengan total 6 knob yang masing-masing berfungsi untuk mengatur input serta output pada input pada/dari kedua channel. Selain itu, terdapat pilihan setting untuk mengubah mode ke line-in atau ke mode impedansi rendah atau yang dalam dunia audio dikenal dengan kode “hi-Z” (misal: gitar dan bass). 

Harga

Untuk harga dari Mixerface, berdasarkan data yang diperoleh dari situs resminya, Mixerface dibanderol dengan rentang harga $200 untuk tipe terendah (Mixerface R4S) hingga $550 untuk tipe tertinggi (Mixerface R4B).

NOTE: Harga tersebut adalah harga diskon selama masa karantina akibat pandemi Covid-19. Harga dapat berubah sesuai kebijakan pihak CEntrance.

Harga CEntrance Mixerface
Harga CEntrance Mixerface

CEntrance Micport Pro 2 yang dibekali sebuah input channel dibanderol dengan harga $300 untuk tipe dengan fitur limiter dan $350 untuk unit yang sama + sebuah headphone dari CEntrance.

Harga CEntrance Micport Pro 2
Harga CEntrance Micport Pro 2