5 Cara Menghasilkan Rupiah Melalui Internet di Masa Pandemi

Pandemi, seperti apa yang telah kita semua rasakan sejak awal tahun 2020 ini, jelas berdampak pada banyak sektor. Selain sektor kesehatan masyarakat, ekonomi adalah yang merupakan poros utama penggerak roda kehidupan masyarakat adalah sektor lainnya yang menerima dampak dari pandemi yang oleh WHO diidentifikasi dengan nama Covid-19 ini. Pada edisi kali ini, admin Pajokka menyajikan 5 cara menghasilkan rupiah melalui internet di masa pandemi. Adapun cara-cara yang dibahas dalam kesempatan kali ini adalah penghasilan yang bersifat pasif berbasis internet. Cara-cara berikut ini telah terbukti efektif dalam membuka keran-keran rupiah yang dapat terus mengalir meskipun kita sedang tidur, ngopi, atau liburan. Sangat cocok untuk dilakoni untuk mengisi masa “bekerja dari rumah”. 

Untuk melakoni cara-cara yang admin akan sajikan berikut ini, teman-teman sekalian hanya membutuhkan modal berupa komputer/laptop, tablet, atau gawai yang terkoneksi internet. Hampir semua dari cara yang admin akan jelaskan dibawah ini telah admin buktikan sendiri - bahkan hingga sekarang. Tertarik? Mari simak sampai akhir.

#1 Blogging

Sebenarnya, blogging adalah cara yang sudah tergolong lama. Tapi cara ini belum usang. Dengan kata lain, peluang untuk menghasilkan rupiah dari blogging masih sangat terbuka lebar dan diprediksi tidak akan pernah mati. Mengapa demikian? Karena informasi telah menjadi kebutuhan primer masyarakat dunia. Dari sini, muncul sebuah peluang yang menggiurkan. Berikut ini beberapa pintu rupiah yang bisa teman-teman buka melalui aktivitas blogging.

1. Program Afiliasi

Cara ini telah diulas dalam banyak blog - baik dalam negeri maupun luar negeri. Cara ini memanfaatkan media yang teman-teman miliki, dalam hal ini blog, untuk memasarkan produk berupa barang atau jasa milik orang lain pada blog teman-teman sekalian. Jika ada pembaca blog teman-teman yang melakukan pembelian, maka teman-teman sekalian akan mendapatkan persenan dari pembelian tersebut. Cara kerjanya hanya sesederhana itu saja.

Berkenaan dengan poin ini, admin menyarankan teman-teman untuk menggeluti program afiliasi terbaik yang menawarkan keuntungan besar yang tentunya realistis. Semampu yang penulis telusuri, program afiliasi tersebut adalah satu-satunya yang paling realistis di Indonesia. Dalam program afiliasi tersebut, teman-teman dijanjikan komisi hingga 25% per-transaksinya. Luar biasa, bukan?!

Cara kerjanya sama saja dengan semua program afiliasi yang ditawarkan di internet. Dalam program afiliasi ini, teman-teman sekalian hanya perlu memasang link atau bisa juga berupa banner pada blog teman-teman. Ketika ada transaksi yang terlacak berasal dari blog teman-teman, maka secara otomatis komisi sebesar 25% dari total transaksi akan masuk ke kantong teman-teman.

2. Periklanan

Periklanan adalah metode yang paling lazim digunakan blogger dalam meraup rupiah. Cara ini bahkan tidak hanya menjadi senjata utama para blogger saja, melainkan juga situs-situs berita online. Pernahkah teman-teman pembaca sekalian memikirkan dari mana sumber penghasilan portal-portal berita online? Berbeda dengan koran atau majalah cetak yang kita harus berlangganan agar bisa membacanya. Untuk membaca berita online, mereka tidak memungut biaya sepeserpun dari kita. Padahal para pemilik situs-situs berita online tersebut setidak-tidaknya harus menyewa wartawan dan editor berita. Mereka juga tentu membutuhkan biaya operasional. Lalu, dari mana penghasilan mereka?

Jika teman-teman pembaca sekalian cukup jeli, teman-teman tentu akan melihat satu kesamaan dari portal-portal berita online tersebut. Apa itu? Sama-sama banyak iklannya. Ya! Dari iklan. Mereka meraup rupiah dengan menyediakan informasi tertulis, gambar, serta video kepada pembaca dan sebagai imbalannya, mereka mendapatkan rupiah dari pengiklan. Lantas, berapa duit yang bisa dihasilkan melalui periklanan? Jawabannya tentu relatif. Tergantung dari berapa banyak pengunjung yang berhasil ditarik untuk mengunjungi portal berita tersebut.

Menurut admin Pajokka, portal berita dan blog pribadi nyaris sama secara teknis. Letak kesamaan diantara keduanya dapat dilihat dari fungsi yang serupa - yakni sebagai penyedia informasi yang umumnya berupa informasi tertulis. Hal yang membedakan hanyalah terletak pada profesionalitas dimana portal berita umumnya memiliki struktur organisasi.

Untuk blog dan portal berita kelas bantam, mereka biasanya memanfaatkan dua metode. Pertama, melalui jasa pihak perantara atau pihak ketiga (misalnya Google); dan kedua, melalui sponsor langsung. Jika menggunakan metode pertama, biasanya rupiah yang didapatkan akan dihitung berdasarkan jumlah iklan yang dilihat pengunjung dan berdasarkan jumlah klik atas iklan oleh pengunjung. Semakin banyak iklan yang bisa ditampilkan, jelas semakin besar pula potensi pundi-pundi rupiah mengalir. Tak jarang, blogger dan portal berita online mengkombinasikan dua metode tersebut untuk lebih memperbesar pundi-pundi penghasilan mereka.

Sangat banyak blogger yang bisa teman-teman pembaca sekalian jadikan inspirator. Satu diantaranya adalah Linda Ikeji, seorang model asal benua Afrika yang berdasarkan penelusuran admin Pajokka diketahui dapat meraup lebih dari $300 atau sekitar Rp. 4.400.000 per-hari hanya dari blog pribadinya. Tertarik untuk mengembangkan blog juga? Percayakan hosting dan domain teman-teman sekalian hanya pada Hosting Terbaik Indonesia.

3. Kontes

Sejak awal blogging trend di masyarakat, banyak perusahaan-perusahaan yang memilih untuk mempromosikan produk atau jasa mereka melalui kontes blog. Biasanya, kalian hanya diminta untuk menulis beberapa ratus kata sesuai dengan tenggat waktu serta tema yang diberikan penyelenggara dengan menyertakan beberapa link menuju halaman tertentu dari website penyelenggara. Cara ini tergolong ampuh mengingat hadiah-hadiah yang ditawarkan biasanya berkisar pada angka jutaan bahkan hingga puluhan juta rupiah. Terkadang, beberapa penyelenggara menjanjikan hadiah berupa barang.

Admin Pajokka sendiri telah beberapa kali mengikuti kontes blog. Memang tidak semuanya berbuah hasil.  Setidaknya admin telah berusaha semaksimal yang admin bisa. Adapun pencapaian yang tidak bisa admin lupakan adalah memenangkan sebuah kontes blog dengan hadiah sebuah iPhone 4S yang di tahun 2020 ini sudah tergolong sangat jadul. Tapi, seri iPhone yang berhasil dimenangkan admin Pajokka adalah seri iPhone terbaru saat itu. Selain itu, terdapat beberapa kontes lainnya yang pernah admin menangkan.

Meskipun cara ini bisa dibilang musiman dan terkesan “untung-untungan”, tapi tetap ada peluang yang menjanjikan yang bisa dicoba. Bukankah syarat memenangkan sebuah perlombaan adalah mendaftar pada perlombaan tersebut?! Ibarat lomba lari. Seberapapun kencangnya teman-teman mampu berlari, teman-teman dijamin tidak akan bisa memenangkan lomba jika tidak mendaftar. Benar, bukan?! Berkaitan dengan kontes blog, saat ini ada kontes blog yang harus teman-teman pembaca sekalian pertimbangkan.

 

Kontes tersebut diadakan oleh penyedia Hosting Terbaik Indonesia dengan total hadiah sebesar Rp. 15.000.000. Menggiurkan, bukan?! Tunggu apa lagi! Sebelum tenggat waktu berakhir, segera cek informasinya dengan mengklik banner diatas.

4. Donasi

Jika blog teman-teman sekalian telah memiliki pembaca setia, pertimbangkan untuk mendafkatkan blog yang teman-teman kelola pada pihak penyedia layanan donasi. Laporan dari beberapa blog lain menyebutkan bahwa donasi pembaca kepada blogger dapat mencapai angka ratusan dollar per-bulannya. Saat ini, telah banyak situs-situs pihak ketiga yang layanannya bisa teman-teman manfaatkan untuk menampung donasi mereka untuk kemudian diteruskan kepada teman-teman. Namun, biasanya pihak penyedia jasa akan memotong persenan dari donasi tersebut. Jika teman-teman sekalian tidak ingin ada potongan-potongan, teman-teman bisa memanfaatkan widget yang berisi informasi kemana donasi harus pembaca salurkan. Hal yang perlu diingat bahwa metode ini berbeda dengan meminta. Donasi adalah bentuk penyaluran tanda terima kasih pembaca yang sudah terlanjur senang pada karya-karya teman-teman sekalian.

Blogging memang menggiurkan. Tapi saya tidak bisa membuat blog.

Apakah pernyataan diatas sesuai dengan keadaan teman-teman sekalian? Jika jawabannya ‘Iya’, maka teman-teman sangat beruntung karena membaca tulisan ini. Saat ini keahlian menulis kode-kode pemrograman tidak lagi dibutuhkan untuk membuat sebuah blog profesional. Mengapa demikian? Karena telah banyak sekali blog engine gratis yang bisa teman-teman gunakan.

Exabytes Indonesia - Hosting Terbaik Indonesia


Wordpress adalah salah satu blog engine yang populer digunakan diseluruh dunia. Pada awal kiprahnya, platform blog Wordpress menjadi populer karena aspek fleksibilitas yang ditawarkan dimana pengguna dibolehkan untuk melakukan modifikasi sesuai dengan tujuan pembuatan website atau blog. Untuk memiliki website atau blog profesional berbasis Wordpress, teman-teman tentu akan membutuhkan hosting yang berfungsi untuk menampung semua data-data penunjang blog teman-teman serta domain yang berfungsi mengarahkan pengunjung ke website atau blog teman-teman. Berbicara masalah domain dan hosting, admin Pajokka akan membocorkan sebuah rahasia terkait pada siapa kepercayaan teman-teman seharusnya ditambatkan.

Exabytes Indonesia yang menawarkan paket hosting Wordpress terbaik merupakan satu-satunya tambatan yang pantas teman-teman sekalian lirik. Disana, paket yang ditawarkan beragam - mulai dari paket WP blogger yang cocok untuk ajang tes potensi pasar, WP Lite dengan fitur-fitur yang lebih mumpuni, WP Plus untuk para developer, dan WP Geek yang diperuntukkan kepada reseller hosting.

Exabytes Indonesia - hosting Wordpress terbaik

#2 Podcasting

Buat kalian yang kurang suka mengekspos diri kalian ke publik, Podcasting mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik. Bekerja sebagai podcaster (pelaku podcasting) sebenarnya hampir sama dengan penyiar radio. Kita hanya dituntut untuk merekan suara kita yang membahas topik-topik tertentu untuk didengar oleh pendengar kita. Setelah merekam episode, kita tinggal mengunggahnya ke portal penyedia layanan podcast, memberi judul serta deskripsi, dan selesai.

Lantas, berapa banyak rupiah yang bisa dihasilkan melalui podcasting? Jumlahnya tentu tidak tetap - tergantung seberapa mampu kalian menghasilkan konten-konten audio yang berkualitas. Yang dimaksud dengan kualitas dalam hal ini meliputi kualitas topik serta kualitas teknis seperti kejernihan audio dan konsistensi kalian dalam mengunggah episode. 

Nama seperti Joe Rogan dilaporkan mampu meraup hingga 30 juta dollar Amerika dalam satu tahun hanya melalui channel podcast yang ia kelola. Nama lainnya sebut saja Karen Kilgarif dan Georgia Hardstark yang tercatat mampu meraup sebesar 15 juta dollar Amerika. Untuk mengikuti jejak mereka tentu tidak mudah. Sekali lagi, kualitas dan konsistensi adalah kuncinya. Cara ini jelas patut dicoba. Siapa tahu rezeki teman-teman pembaca sekalian ada di podcasting.

Pengalaman admin dari podcasting belumlah banyak. Terhitung sejak tahun 2019 lalu hingga tahun 2020, admin baru bisa menelurkan total 12 episode dengan total ribuan kali didengar. Meskipun demikian, admin melihat ada potensi besar untuk meraup rupiah dari podcast.

Untuk memaksimalkan cara tersebut, dan oleh karena banyaknya pendengar yang meminta skrip tertulis, admin memutuskan untuk membuat sebuah blog yang memuat materi-materi tertulis dari setiap episode yang admin terbitkan. Dari blog tersebut, admin turut menjual eBook karya admin sendiri, menawarkan produk pihak ketiga dari program afiliasi terbaik yang admin ikuti, serta membuka layanan donasi dari pendengar. Sebagai langkah awal, admin melakukan tes potensi pasar dengan memanfaatkan layanan blog gratis terlebih dahulu. Blog admin tersebut hanya menggunakan domain murah yang belum menggunakan hosting berbayar. Namanya juga tes potensi pasar. 

Kedepannya, admin berencana akan menambah layanan newsletter untuk menjangkau lebih banyak pendengar dan pembaca setia blog admin tersebut dan untuk menjalin komunikasi yang intens dengan mereka. Berkenaan dengan rencana lanjutan ini, solusi email marketing yang jitu telah admin dapatkan dari Exabytes Indonesia. Mohon doa dari teman-teman pembaca sekalian agar usaha serta upaya admin Pajokka kali ini senantiasa dilancarkan oleh Yang Maha Kuasa.

#3 Marketplace & Media Sosial

Bagi kalian yang memiliki barang atau jasa yang potensial untuk dikomersilkan, melirik situs-situs marketplace mungkin bisa menjadi pilihan. Semua tahu, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia selama satu semester terakhir ini menyebabkan toko-toko harus ditutup. Saat keadaan dinilai sudah mulai normal, para pelaku usaha tetap diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Memang ada kelonggaran, tapi semua tahu bahwa keadaan tidak lagi serupa dengan saat-saat sebelum pandemi melanda. Pendek kata, pandemi ini jelas mempengaruhi omset.

Dengan bergabung dalam marketplace, peluang barang dan jasa untuk dipasarkan yang selain bertambah besar, juga tidak akan berpengaruh langsung terhadap pandemi - misalnya dengan pembatasan jam operasional, dan lain sebagainya. 

Jika marketplace diibaratkan seperti toko atau lapak, maka toko atau lapak teman-teman dapat buka atau beroperasi selama 24 jam sehari-semalam. Demikian halnya karena internet memungkinkan calon pembeli untuk melihat-lihat isi lapak teman-teman meskipun teman-teman sekalian telah terlelap. Menggiurkan, bukan?!

Jika teman-teman sekalian tidak ingin terikat aturan pihak marketplace, memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram yang saat ini sedang digandrungi masyarakat juga merupakan ide yang bagus. Berbeda dengan marketplace, media sosial sedikit lebih fleksibel dalam hal aturan. Namun, teman-teman pembaca sekalian perlu memperhatikan psikologi calon pembeli yang biasanya lebih percaya terhadap marketplace ketimbang media sosial. Kunci inti untuk bermain dalam metode ini terletak pada bagaimana teman-teman sekalian membangun kepercayaan calon pembeli dan menjaga kepercayaan pelanggan.

#4 Menjual eBook

Menjual eBook mungkin masih terdengar asing ditelinga teman-teman sekalian. Cara ini sedikit agak rumit karena dibutuhkan keahlian teknis dalam hal menulis. Teman-teman yang suka menulis cerita atau novel sangat dianjurkan untuk mempertimbangkan cara ini. Saat ini, banyak sekali situs-situs yang siap mempertemukan karya tulis teman-teman dengan calon peminat yang potensial.

Admin Pajokka sendiri telah menerbitkan sebuah eBook dengan metode self-publishing. Buku kedua admin akan menyusul untuk diterbitkan secara mandiri dalam waktu yang tidak lama lagi. Fleksibilitas adalah nilai lebih yang paling admin suka dari metode meraup rupiah jenis ini. Dengan menerbitkan eBook dengan metode self-publishing, admin dapat menentukan harga dari karya tulis admin sendiri. Dengan begitu, admin merasa dapat berdiri di kaki sendiri tanpa harus terikat sekelumit aturan-aturan dari pihak lainnya.

Teman-teman pembaca sekalian yang juga hobi menulis atau yang telah memiliki tulisan, admin sarankan untuk mencari media-media online yang siap memajang karya teman-teman dalam etalase mereka. Namun, jika teman-teman sekalian ingin yang jauh lebih fleksibel, lagi-lagi, admin menyarankan agar teman-teman memanfaatkan website sebagai media pemasarannya. Seperti halnya yang telah admin lakukan, mulailah dari sebuah Domain Murah sebagai langkah awal. Jika potensinya besar, tampillah secara lebih profesional dengan salah satu layanan yang ditawarkan oleh Hosting Terbaik Indonesia

Hosting Terbaik Indonesia

#5 Youtube

Meski baru booming beberapa tahun terakhir ini, tapi rupiah yang bisa dihasilkan melalui Youtube tidak main-main. Banyak Youtuber, sebutan untuk penggiat Youtube, yang dilaporkan mampu meraup rupiah yang angkanya tidak main-main - banyak yang jutaan, beberapa menembus ratusan bahkan ada yang hingga milyaran rupiah per-bulannya.

Untuk cara ini, jujur, admin Pajokka belum bisa melakoninya karena kesibukan bekerja dan belajar. Olehnya, cara meraup rupiah melalui Youtube admin tempatkan pada slot terakhir. Admin yang masih berstatus sebagai mahasiswa ini belum dimungkinkan untuk banyak bermanuver karena kesibukan bergelut dengan penelitian akhir. Meskipun demikian, admin mempertimbangkan untuk menggeluti metode ini dalam waktu yang tidak lama lagi. Setelah admin benar-benar merasakannya, admin akan mengupdate tulisan ini dan membagikan pengalaman admin disini.

Saran dari Pajokka

Teman-teman sangat disarankan untuk mengkombinasikan beberapa diantara lima cara menghasilkan rupiah yang telah dipaparkan diatas. Bukankah semakin banyak pintu yang teman-teman buka maka semakin besar potensi penghasilan yang teman-teman bisa dapatkan?!

Saran dari admin yang harus teman-teman pertimbangkan adalah, apapun cara atau metode yang dipilih, teman-teman setidaknya harus mempunyai sebuah website atau minimal sebuah blog. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan profesionalitas teman-teman mengingat website atau blog telah menjadi standar atau parameter sebuah profesionalitas.

Modal memang diperlukan untuk itu. Bukankah setiap usaha membutuhkan modal?! Jika selama ini teman-teman masih meyakini ada bisnis atau usaha tanpa modal, maka teman-teman harus segera menghapus keyakinan tersebut. Tidur saja butuh modal energi dari makanan. Berapa dari teman-teman yang bisa tidur saat lapar? Jika tidur saja butuh modal, mencari rupiahpun butuh modal. 

Untungnya, sekarang kita semua hidup pada zaman dimana website atau blog bukan lagi merupakan barang mewah yang hanya bisa dimiliki oleh kaum-kaum tertentu saja. Lantas, berapa modal yang harus teman-teman keluarkan untuk membuat sebuah website atau blog? Jujur saja, sebagian penyedia domain dan hosting menawarkan dengan harga yang cukup fantastis. Dalam hal ini, dibutuhkan kemampuan yang jeli untuk menyeleksi pada siapa teman-teman harus berpartner. Sejak tahun 2001 silam, telah hadir Hosting Terbaik Indonesia yang menawarkan layanan hosting dan Domain Murah yang bisa teman-teman tebus dengan harga yang tidak akan menguras isi dompet yang sedang tipis-tipisnya akibat pandemi.

Hosting Terbaik Indonesia

Jika masih kurang percaya, gambar diatas mudah-mudahan bisa memecah keraguan teman-teman sekalian terkait benar-tidaknya saran yang admin suratkan dalam artikel ini. Jika kurang berkualitas atau bahkan sama sekali tidak berkualitas, mustahil institusi, lembaga serta perusahaan besar diatas mau berpartner dengan Exabytes Indonesia - penyedia hosting dan domain yang sejak tadi admin sebut-sebut sebagai penyedia Hosting Terbaik Indonesia. Bukan begitu?! Atau teman-teman masih kurang yakin? Untuk lebih meyakinkan teman-teman sekalian, berikut admin sertakan beberapa alasan yang akan menjawab berbagai pertanyaan ‘mengapa’ yang mungkin muncul dalam benak teman-teman sekalian.

Hosting Terbaik Indonesia